Tips Memilih Jasa Desain Arsitek Jogja. Dalam membangun suatu wilayah, baik itu tata letak bangunan, dan posisi merupakan tugas dari seorang arsitek.  Jika selama ini mengenal arsitek sebagai orang yang mendesain atau menggambar bangunan saja, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab dalam jasa desain mendesain bangunan juga harus memperhatikan seluruh aspek dalam bangunan.

Aspek dalam bangunan yang perlu dikenali dalam jasa arsitek mulai dari lokasi, tata letak, pengukuran, bahan bangunan, desain interior dan eksterior, juga kelanjutan selepas dibangun. Sebab semua hal tersebut saling mempengaruhi dalam bangunan yang direncanakan.

Misalnya dalam hal tersebut diambil contoh desain arsitek di Jogja. Desain arsitek Jogja bukan hanya sekedar mengenal bahwa Jogja sebagai daerah istimewa di Jawa Tengah, yang desain rumah kebanyakan joglo. Rumah joglo terkesan dengan rumah adat Jawa yang lantainya langsung berpijak di tanah, atau jarak lantai langsung dengan tanah. Berbeda dengan rumah panggung.

Tentunya hal tersebut perlu dieksplor kembali, bahwasannya budaya yang ada di Jogja juga perlu diperhatikan. Sebab dalam pemilihan jasa desain arsitek tidak hanya memperhatikan struktur fisik tetapi juga struktur batin. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih jasa desain arsitek di Jogja.

Model Rumah

desain arsitek Jogja

desain arsitek profesional

Memilih model rumah sebelum menentukan jasa desain arsitektur adalah hal yang utama. Sebab penentuan ini dapat menjadikan penentuan selanjutnya. Desain arsitek Jogja akan memperhatikan jenis model rumah yang ada di Jogja. Beberapa rumah yang ada di Jogja, baik interior maupun eksterior kurang lebih sama dengan model rumah yang ada di kawasan Indonesia lainnya.

Rumah gaya modern lebih banyak menggunakan jenis rumah joglo. Desain arsitek langsung berpijak di tanah. Lantai dibuat di atas tanah. Model jenis ini beragam, seperti tipe 36, tipe 21, tipe 54, tipe 60, tipe 45, dan banyak lainnya.

Misalnya tipe 36 lebih banyak digunakan oleh pemesan jasa. Dalam penjelasan yang berhasil didapatkan dalam salah satu situs, rumah jenis 36 merupakan tipe rumah yang hampir mirip dengan gaya 21. Bergayut sambung dengan tipe 21, gaya tersebut tampak luar memiliki halaman minimalis, satu pintu utama depan. Gaya 36 paling umum sebagai gaya di kawasan perumahan. Desain interiornya memiliki 2 kamar tidur dan 1 ruang tamu yang luas.

Chemistry Arsitek

Hal yang kedua dalam memilih desain arsitek Jogja ialah arsitek itu sendiri. Sebab apabila ketika memilih seorang arsitek yang tidak memiliki kecocokan dengan pemesan desain, rencana bangunan tidak dapat sesuai keinginan. Chemistry arsitek merupakan salah satu kualitas psikologi dari arsitek itu sendiri. Atitute yang dibangun berdasarkan pengalaman dan kepuasan pelanggan menjadi kunci bisa menyesuaikan beragam latar belakang pelanggannya.

Apalagi Jogjakarta merupakan kota budaya. Maka bangunan yang dipilih harus ramah lingkungan dan dapat membawa gaya dengan local wisdomnya. Tanpa hal tersebut, desain yang diinginkan tidak tercapai dengan baik.

Penawaran Paket Arsitek

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih desain arsitek Jogja ialah paket penawaran jasanya. Informasi yang berhasil digali mengenai pembangunan, dimulai dari yang paling sederhana seperti hunian, pembangunan selesai paling cepat adalah 3 bulan, 1 tahun sampai 3 tahun.

Untuk ukuran proyek yang besar, jangan memilih secara tergesah-gesah proyek dengan jarak penawaran yang pendek. Sebab perhitungan bukan cepatnya pembangunan, melaikan semua komponen dalam desain. Meliputi budget, yang menentukan bahan-bahan yang akan dipakai pemborong dalam bangunan juga imbal jasa, desain interior eksterior, serta rencana lanjut lainnya.

Biasanya ada penawaran yang lengkap. Ada juga penawaran yang tidak lengkap, tergantung kerja sama yang dilakukan oleh pemilik jasa, sesuai komponen yang dibutuhkan.

Baca juga: Jasa desain arsitek makassar

Itulah tips memilih desain arsitek Jogja. Tidak sekedar satu aspek saja yang perlu diperhatikan. Memperhatikan dan mempertimbangankan komponen dapat menentukan hasil akhir bangunan lebih baik sampai kapan pun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *