Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dipicu oleh faktor keturunan, atau gaya hidup.

Ketika kalian diserang penyakit ini namun tidak segera ditangani, maka akan berakhibat fatal. Dapat berimbas bada serangan jantung, hingga stroke.

Maka dari itu, ketika kalian sudah merasakan gejala adanya darah tinggi, kalian harus segera melakukan tensi dengan datang ke dokter/ bidan terdekat.

Selain itu kalian harus sedikit demi sedikit merubah pola hidup, yang sebelumnya merokok, maka sebisa mungkin untuk berhenti merokok.

Ketika biasanya makan-makanan sembarangan, sekarang mulai di kontrol semua yang masuk ke mulut, lebih seleksi dalam memilih makanan. Karena ada beberapa makanan yang memicu peningkatan tekanan darah.

Namun kalian tidak perlu khawatir, disini akan kami sajikan beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Berikut Ulasannya :

Senantiasa Berolahraga

Olahraga bisa dijadikan alternatif untuk menurunkan tekanan darah, ketika kita rutin untuk olahraga maka penyakit/ gejala hipertensi akan perlahan menghilang.

Dengan menyita waktu minimal 30 menit setiap hari, akan menghasilkan perbedaan yang sangat siknifikan.

Jenis olahraga yang bisa kalian lakukan seperti, jalan santai, berenang, bersepeda, GYM, atau menari.

Mengkonsumsi Buah Delima

buah delima merah

Asam punisat adalah salah satu kandungan dalam buah delima yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan mengurangi tekanan darah.

Buah delima akan bekerja menurunkan tekanan darah dengan mencegah aktivitas serum enzim pengubah angiotensin.

Menjaga Berat Badan

Ternyata darah tinggi memiliki banyak faktor, salah satunya berat badan. Kalian harus rajin untuk mengkontrol berat badan, karena semakin kalian gemuk semakin besar resiko terjadinya tekanan darah tinggi.

Batasi Konsumsi Garam

Garam bisa memicu terjadinya darah tinggi, kalian harus pintar dalam konsumsinya yaitu dengan membatasi penggunaannya.

Terlebih ketika kalian mengkonsumsi garam, sebisa mungkin pilihlah garam yang berkualitas tinggi. Karena itu akan mempengaruhi kandungan yang ada di dalam garam.

Semakin baik proses pengolahan garam/ semakin tinggi kualitas garam kan berpengaruh besar terhadap kandungan didalamnya. Intinya kalian harus membatasi penggunaan garam secara berlebih.

Stop Merokok

Setiap batang rokok yang kalian hisap dapat berkontribusi meningkatnya tekanan darah. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu kalian dalam menurunkan tekanan darah.

Semua tergantung kalian, jika ingin terhindar dari penyakit ini. Maka berhentilah merokok.

Konsusmi Buah Bit

Buah bit adalah buah yang memiliki sejuta manfaat dengan banyak kanndungan nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, “Christine Rosenbloom, PhD, professor emerita di Georgia State University”.

Makan buah bit atau minum jus bit sebelum olahraga dapat membantu menurunkan jumlah oksigen yang diperlukan otot untuk melakukan tugasnya. Ini artinya ketahanan tubuh kalian dapat meningkat.

Untuk mengonsumsi buah bit, coba bungkus bit di dalam aluminium foil dan panggang di oven dengan suhu 200°C selama 40 menit atau sampai lembut. Iris dan bumbui dengan minyak zaitun dan thyme segar. Apabila kalian ingin mencoba bentuk cairnya, minum sekitar 120ml jus bit sebelum berolahraga.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat herbal yang terkenal. Salah satu kegunaan bawang putih yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol secara alami.

Mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari dengan cara merebusnya. Jangan merebus bawang putih terlalu lama karena dapat menghancurkan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Kemudian blender bawang putih hingga kental. Kamu bisa mencampurkan pada makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, saat ini sudah banyak yang menjual dalam bentuk bubuk dan tablet. Sehingga lebih mempermudah untuk dikonsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *