Cara Website Terindex di Google

Bagi Anda yang terjun ke dunia internet, khususnya website pasti ingin mendapatkan index dari Google. Namun, setelah berusaha keras mencari backlink ternyata website belum juga terindex pasti membuat Anda merasa putus asa. Anda pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara website terindex di Google? Nah, artikel kali ini akan menjelaskan selengkap-lengkapnya untuk Anda.

Trik Mengindeks Website ke Google

Sebenarnya banyak faktor dan alasan kenapa link website tidak bisa terindex oleh mesin pencarian Google. Meskipun demikian, Anda tidak perlu risau karena masih bisa diperbaiki. Hanya butuh waktu singkat saja untuk membuat indeks website lebih cepat dengan membaca trik yang kami tuliskan kali ini.

Baca juga: Jasa Buat Website Makassar

Trik pertama agar website terindeks oleh Google adalah sabar dan menunggu. Maksud kami adalah, Anda harus membiarkan indexing website supaya berjalan secara normal. Nantinya Google akan mengindeks link situs website secara normal dari waktu ke waktu jika benar-benar layak. Kami meminta Anda sabar karena proses indexing secara normal membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa memakan satu hari bahkan satu minggu.

Misalkan Google memercayai website milik Anda sebagai penyedia konten terbaik, maka indexing Google lebih cepat. Apabila website yang Anda kelola usianya terbilang baru, perlu melatih indexing seperti membuat konten berkualitas. Sederhananya, kualitas konten di website menentukan proses indexing.

Trik kedua yang bisa Anda gunakan agar Google mengindeks website adalah mengguankan social sharing. Social sharing merupakan trik termudah agar website Anda terindeks secara cepat oleh Google. Anda tinggal membagikan konten ke media sosial, lalu membuat caption menarik yang mendorong pengguna internet membuka artikel. Oh iya, memanfaatkan social sharing membuat Anda mendapat link juice dari social link. Keuntungan memanfaatkan fitur ini tidak hanya tingkat indeks yang membaik, melainkan tingkat kredibilitas website dan kepercayaan dari pengguna internet.

Trik ketiga adalah memanfaatkan fitur PBN atau Private Blog Network. Fitur PBN merupakan kumpulan blog yang diciptakan oleh beberapa komunitas untuk kebutuhan blog network. Fitur ini bisa disebut sebagai strategi yang digunakan para SEO master supaya website terindeks dalam beberapa hari bahkan jam. Apabila ingin menggunakan  trik ini, sebaiknya Anda meriset terlebih dahulu PBN yang ingin digunakan. Pasalnya, kualitas PBN menentukan waktu website terindeks oleh Google.

Selanjutnya adalah memanfaatkan fitur Google Webmaster Tool. Fitur ini merupakan tool yang sering digunakan oleh blogger. Jika ingin menggunakannya, langkan awal yang harus dilakukan adalah membuat sitemap untuk situs website. Setelah berhasil membuat sitemap, silakan submit link sitemap website ke Google Webmaster Tool. Bagaimana, mudah dan cepat, kan?!

Trik terakhir yang bisa Anda gunakan agar website terindeks oleh Google adalah Pink URL. Misalnya Anda melakukan tahap satu dan dua tetapi indexing situs website tidak ada peningkatan sama sekali, cobalah pink website secara berkala. Menggunakan cara ini sebenarnya untuk memberitahu Google atau sekadar mengirimkan pemberitahuan bahwa ada update yang telah ada di website. Kemudian, Google diperlukan agar mengirimkan robot crawler untuk merayapi update terbaru pada website Anda.

Baca juga: https://madiatechno.com/jasa-pembuatan-website-berita/

Terdapat beragam tool yang bisa digunakan untuk ping website di internet, seperti:

  • Pingler;
  • pingFarm.com;
  • Pingdom.com; dan
  • Pingomatic.com.

Harus diingat baik-baik, ping jangan sering dilakukan. Anda bisa melakukannya cukup sekali saja secara bergantian di website itu.

Sebenarnya agar Google mengindeks website Anda tidak semudah dan secepat yang dibayangkan. Misalkan Anda konsisten menggunakan cara yang sudah kami sampaikan di atas, maka situs website akan terindeks dengan cepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *